Selasa, 29 Juli 2014

Pelaksanaan Prinsip Good Governance Perlu Dalam Manajemen Pemerintahan dan Pembangunan

Share

INDRAGIRINEWS.com, TEMBILAHAN - Salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh Pejabat Eselon IV adalah melaksanakan prinsip-prinsip good governance dalam manajemen pemerintahan dan pembangunan.



Hal itu disampaikan Bupati, H Indra M Adnan yang diwakili Sekda, H Alimuddin RM saat menutup Diklat Kepemimpinan TK IV di lingkungan Pemkab Inhil tahun 2012, yang ditaja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Inhil, di Aula Kantor Bupati Tembilahan, Senin (5/11).

“Prinsip good governance bermula oleh karena derasnya perubahan perkembangan sosial ekonomi politik masyarakat, yang  cenderung bergeser ke arah peranan masyarakat dan swasta lebih besar, serta keterbatasan kapasitas Aparatur Pemerintah untuk memenuhi aneka ragam kebutuhan publik,” tutur Sekda.

Dikatakannya, pada dasarnya good governance berorientasi pada orientasi ideal negara yang diarahkan pada pencapaian tujuan nasional. Dimana, orientasi ini  mengacu kepada adanya tuntutan demokratisasi dalam kehidupan  bernegara dengan elemen-elemen konstituennya seperti legitimasi, accountabilitas dan transparansi.

Selain itu, pemerintahan yang berfungsi secara ideal, yaitu secara efektif dan efisien melakukan upaya pencapaian tujuan nasional. Orientasi ini tergantung kepada sejauhmana Pemerintah mempunyai kompetensi dan sejauhmana struktur dan mekanisme politik serta administratif berfungsi secara efektif dan efisien.

“Agar good governance teraktualisasi dengan baik, dibutuhkan komitmen semua pihak, baik dari masyarakat maupun dari Pemerintah, serta didukung oleh sumber daya Aparatur yang berkualitas. Oleh karena itu, peningkatan profesionalisme Aparatur perlu dilakukan dalam rangka  mendukung pelaksanaan good governance yang dimaksud,” terangnya.

Disamping itu, Aparatur juga perlu memperhatikan etika kepemimpinan,  karena bagaimanapun juga setiap Aparatur terikat untuk berperilaku sebagai pendukung moral sekaligus pelaksana nilai-nilai kepemerintahan  dalam melaksanakan tugasnya.

“Pesan saya, jadilah Aparatur yang mampu melakukan perubahan ke arah peningkatan pelayanan dan kinerja organisasi, mampu mewujudkan kepemerintahan yang baik melalui aktualisasi nilai-nilai budaya kerja dalam pelaksanaan tugas, serta mampu menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

Pelatihan yang berlangsung selama kurang lebih 40 hari tersebut resmi ditutup dengan ditandai pelepasan tanda peserta. Turut hadir saat itu, beberapa Pejabat Eselon II, III dan IV di lingkunagn Pemkab Inhil.(INC/ZULFA)